Tips Merawat Mobil

Tips Merawat MobilPemilik rental mobil tentunya akan selalu merawat mobilnya dengan baik dengan mengikuti Tips Merawat Mobil dengan cara yang benar. Untuk menjalankan bisnis rental mobil tentunya memiliki kewajiban untuk merawat mobil yang dimiliki. Apa saja yang harus diperhatikan ? Komponen mobil yang harus diperiksa dan cara memperbaiki kerusakan yang terjadi pada mobil. Perawatan mobil secara rutin akan meminimalisir kerusakan pada mobil, memperpanjang umur mobil, mencegah kerusakan pada mobil yang lebih parah, dan menghemat biaya perawatan mobil.

Sebagai contoh untuk perawatan ban mobil. Pemeriksaan tekanan ban mobil yang benar membuat ban mobil menjadi lebih awet, kaki – kaki mobil lebih awet, sistem kemudi yang enak, akselerasi baik, dan daya cengkram ban yang kuat. Jika tidak melakukan perawatan ban mobil secara rutin maka yang akan terjadi adalah ban mudah sekali habis dan gundul, kaki – kaki mobil yang cepat aus, dan kerja mesin semakin berat.

Berikut ini adalah Tips Merawat Mobil bagi Pemilik Rental Mobil :

Perawatan Aki

Perawatan aki mobil dilakukan rutin dan yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Ketinggian Air Aki : Memastikan air aki berada pada level yang seharusnya dan sesuai tanda garis yang ditentukan. Hindari kekurangan air dan jika kekurangan maka ditambahkan volume air aki sampai level yang dianjurkan dan gunakan air murni ( suling ) atau air aki.
  2. Tegangan Aki : memastikan tegangan aki sekitar 12 volt untuk mengeceknya bisa menggunakan alat voltmeter
  3. Kebersihan kutub – kutub : kutub – kutub negatif atau positif pada aki sering kotor diakibatkan akibat reaksi kimia, tipsnya selalu rutin membersihkan jika terlihat kotor agar arus listrik yang disalurkan lancar dan tidak tersendat.

Perawatan Mesin Oli

Tips merawat mesin mobil selanjutnya adalah perawatan oli. Oli mobil memiliki batas penggunaan tertentu, tiap beberapa kilometer oli harus diganti. Oli mesin dapat bertahan sampai 5 ribu hingga 10 ribu kilometer tergantung pemakaian jaraknya. Jika oli lama tidak diganti maka kotoran akan mengendap dalam oli mesin dan tidak melumasi mesin secara maksimal, selain itu jumlah oli juga harus di cek agar mesin tidak kekurangan oli.

Beberapa indikasi oli yang harus diganti adalah :

  1. Kilometer menunjukan 5 ribu kilometer hingga 10 ribu kilometer
  2. Bisa cek dengan mencabut stick oli, memastikan volume oli sesuai yang dianjurkan pada level
  3. Coba teteskan oli pada jari, rasakan bila oli masih bersih atau sudah kotor biasanya akan terasa serpihan serpihan logam halus jika terasa serpihan serpihan halus maka oli harus diganti.

Perawatan Radiator

Merawat radiator cukup penting fungsinya karena sebagai pendingin mesin pada mobil. Jumlah air pada radiator menentukan seberapa bagus radiator bisa mendinginkan mesin, jika air radiator kurang menyebabkan pendinginan mesin kurang maksimal dan mesin menjadi panas sehingga kinerja menjadi berkurang (bahkan mesin menjadi tersendat karena panas yang berlebihan). Jika akan perjalanan jauh cek apakah air kurang tambah sampai penuh. Memastikan air radiator selalu penuh menggunakan air yang bersih dan jernih jika menggunakan air yang kotor bisa menyebabkan kerak pada mesin.

Perawatan Ban

Merawat ban mobil yang perlu diperhatikan adalah tekanan angin pada ban dan setelah itu kaki – kaki mobil yang tepat. Ban yang terawat dengan baik membuat ban menjadi awet dan jika dirawat ban akan menjadi cepat rusak atau gundul. Berikut ini adalah perawatan ban yang harus dilakukan :

  1. Tekanan angin yang tepat, Tekanan angin pada umumnya berkisar antara 30 sampai 33 psi untuk mobil MPV dan 28 sampai 31 untuk mobil sedan, jika mobil sering dimuati banyak maka stel tekanan ban maksimal (32 – 33 psi untuk mobil MPV) dan jika jarang dimuati maka stel tekanan ban minimum (30 – 31 psi). Periksa tekanan ban yang direkomendasikan karena ban mobil biasanya terdapat tulisan yang menyatakan tekanan maksimum ban yang berada di samping atau di dinding ban jika melebihi tekanan akan mengakibatkan ban meledak.
  2. Jangan mengemudi dengan beban melebihi total kemampuan ban. Setiap ban tertera kemampuan muatan ban maksimal dengan cara hitung beban total mobil dan bagi 4 ban lalu lihat apakah lebih besar kemampuan maksimal, Membawa beban melampaui lebih berat yang dianjurkan membuat ban beresiko meledak atau handling menjadi sulit.
  3. Mengemudi pada batas kecepatan yang bisa dilakukan oleh ban. Ban memiliki batas kecepatan ynag sesuai dengan kemampuan ban. Melebihi batas kecepatan tersebut bisa menyebabkan ban cepat aus dan rawan selip dan bisa berakibat fatal.
  4. Lakukan secara rutin dalam membersihkan Ban dan selalu mencucinya. Gunakanlah semir ban untuk menjaga elastisitas ban dan memelihara umur ban lebih lama. Debu, air, dan lumpur yang dibiarkan menyebabakan karet ban mudah getas dan menyebabkan ban menjadi mudah robek.
  5. Lakukan Spooring dan Balanching membuat keseimbangan pada ban untuk mencegah ban sudah tidak lurus (kelok – kelok) saat berjalan. Jika ban tidak lurus menyebabkan komponen kaki kaki mobil dan tapak ban rusak semisal merusak shockbreaker dan velg.

Perawatan Lampu

Lampu merupakan alat penerangan yang digunakan untuk menerangi saat malam hari. Dengan cek semua lampu mulai dari headlamp, lampu sein, lampu rem. Memakai lampu yang berkualitas bisa membuat lampu menjadi lebih awet. Lebih baik menghindari penggunaan lampu halogen dikarenakan menyerap listrik lebih besar membuat aki cepat habis. Perlu diperhatikan pula jangan sampai ada lampu yang selalu menyerap daya dari aki menyebabkan lampu terus menyerap aki sehingga aki menjadi cepat habis.

Perawatan Wiper Mobil

Dilakukan secara berkala dalam mengganti karet wiper pada mobil biasanya umur wiper mobil itu sekitar 6 bulan. Setiap 6 bulan sekali pas ketika musim penghujan tiba bisa mengganti wiper pada mobil. Jika karet wiper jarang diganti mengakibatkan kaca mobil menjadi beret. Dan pastikan juga memeriksa nozzle (semprotan) yang digunakan untuk membasahi kaca sebelum wiper dioperasikan dengan cara cek kualitas air washer dan jika kotor diganti. Jika ada sumbatan pada nozzle maka keluarkan kotoran tersebut yang menyumbat nozzle menggunakan tusuk gigi. Sangat dibutuhkan jika sudah musim hujan tiba.

Perawatan Cat Mobil

Saat memarkir mobil disarankan untuk menghindari parkir mobil yang langsung terkena cahaya matahari karena mobil yang sering terpapar sinar matahari membuat cat mobil menjadi kusam. Maka dari itu parkirlah mobil berada di tempat yang teduh.

Perawatan Kabin Mobil

Merawat kabin mobil dengan cara membersihkan kabin dari kotoran. Kotoran paling banyak berada di bawah lantai mobil, jok mobil, dan debu yang menempel pada interior mobil. Untuk menghilangkan bau pada mobil lebih baik membersihkan di sumber bau dan menggunakan parfum.

Perawatan Kaca Mobil

Mencuci mobil otomatis akan membersihkan pada bagian kaca jika ingin lebih bersih bisa menggunakan glass cleaner supaya kaca mobil terlihat bening tersedia di bengkel mobil terdekat.

Perawatan Jok Mobil

Membersihkan jok mobil dilakukan berkala sekitar satu bulan sekali agar tidak menimbulkan kerak dan merubah warna jok. membersihkan jok secara rutin juga menghindari timbulnya bau.

Membawa Peralatan Mobil

Peralatan yang perlu dibawa seperti dongkrak botol, tool kit, Karena hal yang tak terduga bisa terjadi seperti ban bocor maka diperlukan peralatan ini sangat membantu.

Itulah Tips Merawat Mobil bagi pemilik rental mobil. Nayfa Trans Malang sebagai penyedia jasa Sewa Mobil Malang yang sudah lama membuka layanan ini menerapkan tips ini dan dijamin armada yang digunakan terawat dengan baik dan bisa juga diterapkan oleh para rental mobil lain juga.

0341 -5034100

081333665909

08195144944

Perum Griya Sampoerna Blok C3 No 3 Ampeldento Malang

Posted in Tips Perawatan Mobil and tagged , , .