Kabar Gembira : Pantai Ngeliyep Sudah Kembali Buka Dan Dapat Dikunjungi Lagi

travel surabaya malang | travel malang surabaya

Sewa Hiace Malang adalah Layanan yang cocok sekali digunakan untuk bepergian bersama rombongan baik itu bersama keluarga, teman sekolah hingga teman kantor. Biasanya Layanan sewa hiace malang ini diperuntukan untuk tujuan study tour, dinas ataupun liburan. Bagi yang berlibur menggunakan layanan sewa hiace ini biasanya akan pergi ke pantai, coban ataupun gunung. Nah kali ini kita akan membahas liburan menggunakan hiace ke pantai ngliyep yang berada di Malang, Jawa Timur.

Beberapa waktu yang lalu seluruh pariwisata yang berada di Malang Raya sempat tutup dikarenakan Pandemi Corona, hal itu mengakibatkan perekenomian dari warga sekitar yang mengelola pariwisata menjadi buruk dan terus mengalami penurunan. Begitu juga dengan calon wisatawan yang ingin berlibur, banyak orang yang sekarang sedang dirugikan juga mulai dari yang dirumahkan, pemotongan gaji hingga terkena PHK dari tempatnya bekerja. Banyak juga yang sedang jenuh saat berada dirumah saja dan butuh hiburan, hal itu lah yang membuat pariwisata kini perlahan-lahan bangkit demi menjawab kebutuhan para wisatawan. Salah satu yang kini bangkit adalah Pantai Nyeliyep, yuk simak info tentang bukanya kembali pantai ngeliyep ini dibawah ya.

Pantai Ngeliyep

pantai ngeliyep malang

Pantai yang terkenal sejak era 1980-an ini memang salah satu destinasi wisata favorit bagi para warga malang. Memiliki luas area 10 Hektar yang akan membuat para pengunjung dapat bermain dengan lega dan puas. Nama Ngliyep sendiri dapat diartikan saat orang yang melihat ke pantai ini akan merasa mengantuk dan ingin tidur. Memang mulai dari suasana pantai, ombak dan pasir sangat menenangkan. Dikelilingi oleh tebing yang curam dan hamparan hutan tropis yang menyegarkan mata. Tak salah memang jika pantai ini menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang menyukai pantai.

Ngliyep dikelilingi oleh tebing-tebing yang curam. Terdapat sebuah pulau kecil di daerah pantai ngeliyep bernama Gunung Kombang yang terdapat sebuah petilasan yang dapat dikunjungi. Setiap pada tanggal 14 saat merayakan Maulud, pantai Ngliyep akan lebih ramai dari pada hari biasa karena selalu diadakannya acara ritual labuhan. Kegiatan labuhan ini sudah ada sejak dahulu dan dilakukan secara turun-temurun. Labuhan adalah kegiatan masyarakat adat Jawa berupa selamatan. Selamatan akan dilakukan dengan menyembelih kambing ataupun sapi yang kemudian akan disedekahkan kepada seluruh masyarakat di sekitar pantai.

Mitos Pantai Ngliyep

pantai ngeliyep buka

Pantai ini juga terdapat cerita-cerita mistis, Seperti umumnya pantai di selatan Jawa yaitu cerita Nyi Roro Kidul alias sang ratu pantai selatan menjadi tokoh utama dalam mitos di pantai ngliyep ini. Dengan posisi Pantai Ngliyep yang terletak di sebelah selatan Jawa Timur, hal itu tidaklah mengherankan lagi. Di pantai ini, terdapat juga sebuah gunung yang bernama Gunung Kumbang. Kabarnya, gunung ini adalah tempat favorit bagi Nyi Roro Kidul saat berkunjung ke pantai ini. Bahkan kabarnya, sebelum menjadi ratu pantai selatan, ia bertapa terlebih dahulu di sini. Selain itu, di pantai ini selalu diselenggarakan sebuah ritual yaitu ritual labuhan untuk menyerahkan sesaji kepada sang ratu pantai selatan.

Ada juga mitos lain soal Bukit Cinta. Bukit Cinta Kasih terletak di sebelah kiri dari hamparan pasir Pantai Ngliyep. Bukit ini tidak terlalu tinggi, namun pemandangan dari atas bukit ini sangatlah indah. Bukit Cinta Kasih diyakini menjadi tempat yang sangat ajaib bagi muda-mudi yang belum menjalin ikatan. Jika mereka mampu naik ke puncak bukit bersama akan dipercaya kelak akan berjodoh. Entah mitos ini datang dari mana asalnya. Yang jelas, hal ini sudah menjadi cerita dari mulut ke mulut yang beredar di antara para pengunjung. Mungkin memang ada legenda di balik semua cerita mitos tersebut.

Obyek Wisata di Pantai Ngliyep

1. Jelajah Pantai

Pantai Ngliyep adalah Salah satu pantai yang memiliki keindahan alam yang masih sangat natural dengan dihiasi perpaduan tebing-tebing yang masih curam dan juga memiliki hutan lindung di sekeliling pantainya. Bersihnya dan putihnya Pasir yang ada di pantai ini masih sangat alami dan juga deburan ombak yang serasa bermain di sela-sela tebing membuat pantai Ngliyep sangat layak untuk dikunjungi. Kondisi pantai yang masih terbilang masih sepi menjadikan pantai ini masih perawan.

Jelajah pantai bisa menjadi kegiatan menyenangkan selama di pantai ini. Mendaki Gunung Kombang pilihan yang sangat menyenangkan untuk dicoba. Dari atas bukit untuk sejenak menghayati keberadaan petilasan atau mengagumi keindahan laut dari sisi yang sangat berbeda. Penjelajahan bisa dilanjutkan ke Teluk Putri. Bahkan jika datang bersama Pacar/ gebetan, penjelajahan mendaki bukit cinta tentu menjadi pilihan utama yang wajib bagi pasangan coba. Berharap sajalah bahwa mitos soal bukit ini akan berlaku untuk anda dan pasangan anda.

2. Spot Foto Instagramable

Pantai Ngliyep sangatlah instagramable karena alamnya sendiri sudah sangatlah indah. Apalagi ditambah dengan kecerdasan pengelola menghadirkan spot spot foto baru yang menambah keindahan pantai ini. Beberapa spot foto populer dipantai ini adalah : spot panggung bambu, spot bukit karang Lietiong, Bingkai kekinian, Ayunan Everlasting, ayunan pasir, perahu gantung dan juga Signage pantai.

Perahu Gantung adalah spot selfie yang dibangun mirip sekali dengan kapal Titanic. Namun bentuk dari perahu atau kapal yang ada di Pantai Ngliyep ini lebih sederhana. Walau demikian tetap mampu menghasilkan efek yang sangat luar biasa. Perahu memang tak setinggi di Bantul, tapi pemandangan Pantai Ngliyep dari atas perahu ini memberikan nilai yang berbeda. Yang paling monumental adalah bibir pantai saat senja. Selfie saat matahari terbenam. Pemandangan warna warni sang surya saat hendak kembali ke peraduannya akan tampak indah di kaki langit yang bertemu dengan batas samudera dari kejauhan.

Info Travel Lainnya : Travel Malang SurabayaTravel Surabaya MalangTravel Malang JuandaTravel Juanda Malang

3. Camping

Untuk pengunjung yang menyukai bermalam di alam terbuka, maka Pantai Ngliyep akan sesuai untuk hobi itu. Karena Pantai Ngeliyep sering sekali dipakai untuk acara berkemah, malam keakraban atau sejenisnya. Suasana malam hari di pantai ini disuguhi taburan bintang yang terlihat begitu jelas. Jika beruntung, saat bulan purnama pengunjung ditemani indahnya bulan. Bulan purnama terlihat sangat besar dan terang saat melakukan aktivitas di malam hari.

Jika kamu ingin memasang tenda di pantai Ngliyep ini, jangan lupa izin terlebih dahulu ke pengelola pantai Ngliyep dulu ya. Bagi Pengunjung yang tidak suka tidur di dalam tenda, tetap ada alternatif lain yaitu para pengunjung tetap bisa menikmati suasana malam di pantai dengan menyewa penginapan. Harga sewa penginapan bervariasi. Kisarannya dari Rp 100.000 sampai Rp 200.000 per malam. Perbedaan harga ini tergantung dengan fasilitas yang didapat.

4. Wisata Teluk

teluk pantai ngeliyep

Tak jauh dari pantai Ngliyep, di sebelah kiri terdapat sebuah teluk dengan pemandangan yang sangat indah. Teluk ini bernama Teluk Putri. Untuk menuju ke sana, pengunjung cukup berjalan ke sisi kiri. Dilanjutkan naik ke bukit yang tak terlalu tinggi.

Disebut dengan Teluk Putri, karena di teluk ini dilapisi pasir putih sangat bersih dan halus lembut. Lembut pasir di pantai ini sering disamakan dengan kehalusan kulit seorang putri. Ketebalan pasir kurang lebih 40 cm. Hamparan pasir tidak terlalu luas. Tidak lebih dari 100m saja namun nyaman untuk tempat menenangkan. Hanya saja pengunjung di sini harus hati-hati karena terkadang gelombang bisa cukup besar. Oleh karena itu para pengunjung yang datang tidak diperkenankan mendekat hingga bibir pantai. Pengunjung hanya boleh berada di pasir putih.

5. Wisata Budaya

Setiap tanggal 14  saat bulan Maulud (Rabiulawal), pantai Ngliyep akan lebih ramai dari pada hari biasa karena tanggal 14 selalu diadakan acara ritual labuhan. Kegiatan labuhan ini sudah ada secara turun-temurun sejak masa Mbah Atun. Beliau orang yang dipercaya jadi penemu Ngliyep. Labuhan adalah kegiatan masyarakat adat Jawa berupa selamatan. Selamatan dilakukan dengan menyembelih kambing atau sapi. Daging hasil sembelihan disedekahkan kepada masyarakat sekitar pantai. Namun, sebagian dari makanan juga dihanyutkan atau ditebarkan ke tengah laut di pantai ngeliyep.

Upacara ini dilakukan oleh masyarakat Kedungsalam dengan membawa sesaji beraneka ragam dan diiringi kesenian Jaranan khas malang. Ada juga parade pengiring yang mengenakan pakaian adat. Sesaji itu diarak menuju Gunung Kombang. Gunung kecil ini berjarak kurang lebih 300m, melalui sebuah jembatan dari pesanggrahan Pantai Ngliyep.

Info Sewa Mobil Lainnya : Sewa Hiace Malang Murah, Sewa Hiace Malang Terbaik, Sewa Hiace Malang 24 Jam

Lokasi & Rute Menuju Pantai Ngliyep

Lokasi Pantai Ngeliyep ini berada di Ds. Kedungsalam, Donomulyo, Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur. Jika memulai perjalanan dari pusat Kota Malang, bisa mengambil rute ke arah Karang Kates atau Kepanjen. Ikuti jalan besar sampai di Pagak. Dari Pagak, ambil jalan ke Donomulyo. Di sepanjang jalan ini anda dapat menemukan papan penunjuk jalan yang mengarahkan anda menuju ke Pantai Ngliyep.

Jika memulai perjalanan dari kota lain seperti Sidoarjo, Surabaya, atau Pasuruan. Pengunjung harus menuju Kota Malang terlebih dahulu. Dari malang, ikuti jalur seperti paragraf sebelumnya. Perjalanan dengan mobil atau motor pribadi tetap pilihan yang direkomendasikan. Namun bisa juga dengan angkutan umum. Stasiun Kepanjen – berjalan ke Jl. A.Yani – Angkutan jalur GN 1 atau jalur GN 2.

Jam Buka & Harga Tiket Masuk

Pantai ini terbuka untuk kunjungan wisatawan mulai jam 08.00 pagi. Untuk waktu tutup, pantai ditutup jam 6 sore. Dan untuk harga tiket masuk yang harus dibayarkan saat memasuki pantai ini senilai Rp 15.000, Untuk tiket parkir dikenakan biaya Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Itu lah Kabar Gembira : Pantai Ngeliyep Sudah Kembali Buka Dan Dapat Dikunjungi Lagi, bagaimana apa traveller ingin pergi ke pantai ini?, Jangan terlalu lama berpikir langsung saja karena hanya di NayFa Trans yang sudah memiliki layanan terlengkap dan buka selama 24 jam Nonstop dengan tawaran Harga Terjangkau di Malang, tentunya sudah terpercaya karena sudah melayani ribuan pelanggan selama 5 tahun lebih dan semua pelanggan kami puas akan layanan NayFa Trans. Untuk melihat Testimoni para Pelanggan Silahkan cek di -> Testimoni NayFa Travel

sewa mobil malang murah bisa klik link -> Sewa Mobil Malang
paket wisata malang batu bisa klik link -> Paket Wisata Malang
jasa travel juanda malang bisa klik link -> Travel Juanda Malang
atau hubungi kami via wa di -> NayFa Travel

Baca Juga : Sewa Mobil Malang Murah Dengan Supir Untuk Berwisata di Kota Batu 2020

Hubungi Nayfa Travel Malang

Alamat: Perum. Griya Sampoerna Blok C2 No. 1 Ampeldento Karangploso Malang.
No. Telp: 082330200031 / 081333665909 / 03415034100
Email: [email protected]
Website: www.nayfatransmalang.com